Renovasi Rumah Graha Cinere

Updated: 5 days ago

Klien #JasaDesain #ArsitekRumah kali ini merupakan seorang ibu rumah tangga yang baru saja membeli sebuah properti di dekat rumahnya. Rencananya rumah tersebut akan direnovasi dan dikontrakan. Sebagai tabungan investasi sekaligus sebagai sumber pemasukan pasif di usianya yang mulai memasuki usia senja.


Rumahnya pas dibeli memprihatinkan banget, 20 tahun lebih ga pernah dihuni, sampai-sampai bagian atap atasnya ambruk. Ada pohon di tengah-tengah bangunan. Padaha Luas tanah nya 150 m2, en lokasinya sangat strategis di daerah cinere. Dekat dengan rencana exit toll. Pas rumah selesai dibangun, 3 bulan kemudian pintu toll nya dibuka...


Tahap 1 : SURVEY




udah ancur, kotor, buluk, + agak spooky ...wkwkwkwk

Ada bonus puunnya tumbuh di tengah rumah pula...







Tahap 2 : DESAIN


Pertama dilihat kebutuhan ruangnya...


Ternyata untuk kebutuhan ruang tidak terlalu jauh berbeda dari denah existing, hanya saja konfigurasi denah sedikit berbeda dari sebelumnya. Desain direncanakan akan diubah secara tone dan bahasa desain pada bagian fasadnya.


Kebutuhan ruang hanya perlu menambah ruang tidur 1 kamar lagi. Fasade ingin lebih menarik dan modern tentunya



Orat oret dari Klien



Propose desain awal :









lalu sedikit disempurnakan dengan sentuhan modern..Alhamdulillah di ACC



Renovasi Rumah Cinere


Renovasi Rumah Cinere

Yang agak unik dari proyek ini, klien ingn memanfaatkan kusen bekas dari rumah anaknya yang juga sedang direnovasi.


Existing kusen bongkaran :










Setelah desain di ACC, masuk ke tahap selanjutnya :


Tahap 3 : GAMBAR KERJA, RAB, PERJANJIAN KERJA dan cari KONTRAKTOR


Seringkali klien menanyakan ke saya apa bisa sekalian dibangunkan atau tidak. Hal ini juga terjadi di proyek rumah ini. Meskipun lama di dunia properti dan perumahan, tidak banyak mandor/ kontraktor yang bisa saya percaya. Penting bagi saya untuk mereferensikan kontraktor yang amanah dan benar-benar bisa dipercaya. Sekecil apapun nilai proyek, trust ke klien itu mahal harganya, dan harus dijaga dengan sebaik-baiknya.


Singkat cerita, Klien cocok dengan Kontraktor yang saya referensi kan. Budget disepakati, Timeline dibuat, Perjanjian di tandatangani. Pekerjaan Konstruksi pun dimulai.


Next Step :

Tahap 4 : KONSTRUKSI


Week 1 :

Bersih-bersih, tebang si puun, bongkar si atap, en Pasang pondasi cakar ayam dan perkuat struktur.


Week 2 :


Dinding bata ringan dibikin double. Amaizing banget deh nih developer Megapolitan Cinere. Sekelas perumahan cinere dinding nya masih single cuy. 1 dinding berdua ama tetangga...


Langsung rekomen double dinding. bikin bata baru. Biar lebih private dan lebih aman juga kedepannya.


Week 3 :

Up dinding bata ringan sampai cor ringbalk.




Week 4 :


Masuk rangka baja ringan, bentuk mulai agak terlihat. Plester dinding sudah dimulai. Bukaan-bukaan di dinding untuk kusen aluminium dan refurbished mulai dibuat.



Week 5 :


Bentuk rumah mulai terlihat. Sebagian dinding mulai Aci. Pipa-pipa MEP mulai masuk disini.



Week 6-7 :


Finishing deh.. Keramik, Plafon, Cat dasar dan cat finishing sudah mulai masuk. Ini tahap paling lama, sebab memang masuk ke detail dan perapihan.


Week 8 :









Setelah 2 bulan rumah selesai direnovasi. Cukup amazed juga perubahannya. Dari rumah spooky jadi cute house kaya gini. Hehehe.


Interior :










Bagian dalemnya juga dicat dengan tone yang senada. Warna coklat earth agak ke natural. Kesan warmnya juga inline sama Homogenous Tile warna cream.


Klien senang, arsitek pun happy. Alhamdulillah rumah selesai sesuai timeline dan budget yang ada. ada sedikit penambahan dan perubahan yang terjadi di lapangan, namun tidak sampai 5% dari total budget.


Thank you sudah mampir ke blog ini yaaa..


8 views

© 2020 by arsitekrumah.com

0813 9886 2206

Ruang 48, Jl. Bangka Raya no.48, Keramat Pela, Jakarta Selatan 12720