top of page
Search
  • Writer's pictureJasa Desain Perumahan

7 Tips Penting dalam Memilih Konsultan Arsitek untuk Proyek Rumah Anda

Updated: Jan 26


Sebagai arsitek, seringkali kolega bertanya kepada penulis tentang apa saja yang harus dilakukan sebelum memilih konsultan arsitek rumah. Karena pengeluaran dalam memilih arsitek juga bukan biaya yang bisa diabaikan dalam merencanakan renovasi atau membangun suatu rumah.


Kamu bisa coba 7 Tips dari www.arsitekrumah.com sebelum memilih jasa arsitek untuk project rumah impian kamu :


Tip #1 - Backgrounds


Cari tahu tentang latar belakang pendidikan dan pengalaman arsitek tersebut. Pastikan mereka memiliki sertifikasi yang diakui secara resmi dan memiliki pengalaman yang cukup dalam bidang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Tip #2 - Portfolio


Pastikan arsitek yang Anda pilih memiliki portofolio yang menunjukkan karya-karya terdahulu yang relevan dengan kebutuhan Anda. Juga, mintalah referensi dari klien sebelumnya untuk mengetahui apa yang mereka rasakan tentang kerja sama dengan arsitek tersebut.


"design is the silent ambassador of your brand" – paul rand

Tip #3 - Style


Pilih konsultan arsitek rumah yang memiliki gaya desain yang sesuai dengan keinginan Anda. Mintalah contoh gambar atau desain yang telah dibuat oleh arsitek tersebut, dan pastikan gaya desain tersebut sesuai dengan keinginan Anda.


Tip #4 - Architect type


Tentukan apakah Anda lebih memilih arsitek yang lebih fleksibel dan mudah diajak bekerja sama, atau lebih memilih arsitek yang lebih tegas dan konsisten dalam pendapatnya.


Tip #5 - Credentials


Pastikan arsitek yang Anda pilih memiliki lisensi yang valid dan terdaftar secara resmi sebagai arsitek. Ini penting untuk memastikan bahwa arsitek tersebut memiliki kemampuan yang diakui secara resmi dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.


Tip #6 - Budgets


Diskusikan budget yang Anda miliki dengan arsitek tersebut, dan pastikan mereka dapat bekerja sesuai dengan budget yang telah ditentukan.


Tip #7 - Agreements


Mintalah kontrak kerja yang jelas dan detail, yang mencakup semua informasi tentang jenis layanan yang akan diberikan oleh arsitek, biaya, dan jadwal kerja.


Komunikasikan!


Dalam memilih konsultan arsitek rumah, always be smart and cermat. Hindari jasa arsitek yang banyak bertebaran di internet dengan harga yang sangat murah serta mengklaim bisa melakukan segalanya sescara sistematis dan online.


Arsitek adalah profesi yang sangat terhormat dan apa yang kamu dapat dari seorang arsitek, efeknya berlangsung terus menerus selama bangunan yang didesain kamu gunakan. Komunikasi dan bertemu adalah media yang paling efektif dan tidak dapat tergantikan meskipun di zaman modern seperti ini. Karena keadaan site, selera klien, kebutuhan ruang dan informasi tentang kegiatan sehari-hari dibutuhkan oleh seorang arsitek agar arsitektur yang nanti terbangun benar-benar menjadi solusi bagi klien.


Berlokasi di Jabodetabek? butuh ngobrol langsung dan lihat site untuk dapat konsel dari kami terkait lahan yang kamu punya? Whatsapp /Hubungi kami di 0813 9886 2206 atau email kami di david.rosyada@arsitekrumah.com

bottom of page